Fitur dan Spesifikasi Lengkap All New Ertiga 2018

All new Suzuki Ertiga dijadwalkan baru meluncur pada hari pertama penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 pada 19 April, besok. Namun satu hari jelang hari besar itu, fitur dan spesifikasi model low multi purpose vehicle (MPV) itu sudah bocor di jagat maya.

Melalui sebuah unggahan di forum Seraya Motor, informasi mengenai spesifikasi lengkap all new Suzuki Ertiga termpampang jelas melalui brosur digital yang diumbar di sana.

Ubahan signifikan terjadi pada sektor eksterior, dimensi, dan penggunaan mesin baru. Pertama dia punya empat tipe: GA, GL, GX, dan GX. Sesuai informasi sebelumnya, Suzuki menghiangkan varian Dreza di all new Ertiga.

Desain

Menggunakan embel-embel `all new`, Suzuki menerapkan ubahan yang signifikan di sektor kosmetika. Dia punya grille dengan lima bilah horizontal beraksen krom dan bumper yang berubah berubah. Eits, lampu utamanya juga direvisi dan mengguankan jenis proyektor. Cuma kalau dilihat sekilas, mirip dengan mobil MPV dari merek sebelah –Kijang Innova.

Dalam memberikan kesan sporty pada all new Suzuki Ertiga, mobil tujuh penumpang ini mendapat sejumlah garis tegas di kap hingga body samping.

Di belakang tampilannya juga terinspirasi dengan SUV dari merek `H`, yaitu berbentuk huruf ‘L’. Kemudian, bentuk panel pintu belakang juga tak luput dari ubahan.

Fitur eksterior juga terdapat hal baru. Mulai dari velg 15 inci dengan desain anyar, fog lamp, spion dengan lampu sein yang bisa ditekuk secara elektrik, dan lampu belakang berbasis LED. Selain itu, mengacu bocoran, dia punya sonar parkir belakang sebanyak dua titik dan high mount stop lamp (HMTL) yang juga berbasis LED.

Dimensi melebar dan memanjang

Bukan cuma tampangnya yang berubah, dimensi juga jadi fokus dalam pengembangan all new Ertiga agar memberikan kabin yang lapang. Hasilnya, dimensinya pun dibuat melar. Berdasar data pada brosur diketahui bahwa Suzuki Ertiga terbaru ini memiliki ukuran yang lebih besar dibanding model lamanya.

Pertambahannya cukup signifikan. Suzuki Ertiga lama memiliki dimensi (p x l x t) 4.265 mm x 1.695 mm x 1.685 mm, sedangkan model terbaru dimensinya 4.395 mm x 1.735 mm x 1.690 mm.

 

Artinya, ada penambahan panjang 130 mm, lebar 40 mm dan tinggi 5 mm. Pertambahan dimensi ini membuat Suzuki Ertiga baru memiliki dimensi menyerupai Honda Mobilio (4.386 x 1.683 x 1.603) dengan tinggi ala Mitsubishi Xpander (4.475 x 1.750 x 1.700). Meski tingginya bertambah, nyatanya ground clearence Suzuki Ertiga terbaru hanya 180 mm alias bertambah pendek dibanding model sebelumnya (185 mm).

Mesin Baru

All new Suzuki Ertiga mengemas mesin baru. Dia menggunakan mesin seri K15B, DOHC (Dual Overhead Camshaft), Variable Valve Timing (VVT) yang dikawinkan dengan pilihan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Di atas kertas mesin baru ini menjanjikan tenaga 103 daya kuda (dk) pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.000 rpm.

Fitur

Bicara fitur, all new Ertiga GX tidak lagi menggunakan anak kunci alias keyless beserta tombol start and stop engine, empat buah speaker (2 di depan dan 2 di belakang), setir dengan pengaturan tilt (belum teleskopik sepertinya), seat height adjuster, lingkar kemudi dengan lapisan kulit dan ornamen kayu.

Fitur keselamatan

All new Ertiga memiliki fitur Electronic Stability Program (ESP) pada tipe GX. Sayangnya belum ada Hill Start Assist (HSA) di semua tipe. Seluruh tipe all new Suzuki Ertiga mendapat rem Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dual Airbags, dan pengait ISOFX sebagai fitur standar.

Info Selengkapnya hubungi kami.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *